Bagikan

Singkawang, MC – Puluhan Peserta mengikuti Pelatihan Imam dan Khatib yang digelar Kantor Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Singkawang di aula Kemenag Singkawang, Rabu (8/1/2020).

Kepala Kemenag Singkawang, Nahruji mengatakan pelatihan ini sangat penting guna memberikan pemahaman tentang pelaksanaan syariat Islam dan meningkatkan peran imam dan khatib dalam pembinaan agama di kalangan masyarakat.

“Pelatihan bagi imam dan khatib ini tentu sangat bermanfaat. Mengingat peran dan keududkan kedua pemuka agama ini selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya,” katanya.

Menurutnya kegiatan ini juga untuk menyamakan visi dan misi imam dan khatib. Serta tak ketinggalan untuk menciptakan regenerasi imam dan khatib, sehingga mereka mengetahui seperti apa syarat menjadi seorang imam dan khatib. 

Selain itu juga, para imam dan khatib agar dapat menangani berbagai isu dengan baik. Serta bisa menjadi seluran informasi bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan dan program-program pemerintah.

“Acara ini juga mendapatkkan support dari Pemkot Singkawang. Perlu kita ketahui bahwa pembinaan umat melalui khutbah dan ceramah adalah salah satu aksi penting untuk meningkatkan keislaman bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengajak seluruh peserta untuk bersyukur karena terpilih untuk mengikuti pelatihan sebagai imam dan khatib.

“Kita harus bersyukur, karena bapak-bapak disini diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan imam dan khatib,” katanya saat membuka kegiatan.

Irwan mengungkapkan kiat menjadi seorang khatib harus menguasai materi. Selain itu juga menjadi khatib harus dengan ketulusan dan keikhlasan.

“Ingat, jangan sampai dikaitkan dengan materi. Ini menjadi amal jariyah. Jangan sampai ada penetapan tariff,” ungkapnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kantor Kemenag Singkawang dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Singkawang yang selama ini aktif membina dan melakukan koordinasi kepada pengurus masjid di Kota Singkawang.