Bagikan

Singkawang, MC – Dalam rangka HUT Kodam XII Tanjungpura tahun 2020 direncanakan digelar bakti sosial yang meliputi rapid test massal, donor darah dan penyemprotan disinfektan.

“Bakti sosial dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 14-16 Juli 2020,” kata Kepala Rumah Sakit DKT Singkawang, dr. Bowo, Kamis (9/7/2020).

Ia menyebutkan rapid test massal dilaksanakan di pusat keramaian seperti di pasar beringin dan pasar alianyang. Sedangkan donor darah dilaksanakan internal TNI di rumah sakit DKT Singkawang.

“Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan di rumah ibadah di wilayah Kecamatan Singkawang Barat,” katanya.

Terkait pelaksanaan bakti sosial, Ia berharap dukungan Pemerintah Kota Singkawang dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Singkawang.

“Untuk pelaksanaan rapid test dan penyemprotan disinfektan, tentu saja kami harus berkoordinasi dengan gugus tugas, tempat mana saja yang akan dijadikan lokasi kegiatan,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan Pemkot Singkawang sangat mendukung bakti sosial yang dilaksanakan Kodam XII Tanjungpura di Kota Singkawang.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Koordinir kegiatan dengan baik, lakukan dengan humanis. Jangan sampai terkesan seperti razia,” kata Irwan.

Untuk pelaksanaan kegiatan, kata Irwan segera mungkin dilakukan koordinasi. Untuk rapid test dikoordinasikan bersama Dinas Kesehatan dan KB, kemudian penyemprotan disinfektan juga dikoordinasikan bersama pihak kecamatan dan kelurahan.

“Segera lakukan koordinasi. Berapa rapid test yang masih tersedia, peralatan yang diperlukan serta kebutuhan tenaga medis dan pendukung lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, personel yang terlibat dalam pelaksanaan rapid test meliputi Polres Singkawang 100 personel, Kodim 1202 Singkawang sebanyak 30 personel, Satpol PP sebanyak 20 personel dan Dishub Singkawang sebanyak 25 personel serta tim medis sebanyak dua tim.