Bagikan

Singkawang, MC – Polres Singkawang menyampaikan hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Polres Singkawang, Survei kepuasan masyarakat ini sebagai wujud merespon harapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan Polres Singkawang.

Hal ini sebagai implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik.

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan mengatakan ada empat bagian unit layanan yang menjadi objek survei Indeks Kepuasan Masyarat (IKM). Keempatnya yakni, Satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap), Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Survey IKM, kata Kapolres, telah dilakukan pada periode Triwulan I tahun 2021 dengan rentang dari bulan Januari, Fabruari, Maret tahun 2021. Hasilnya Polres Singkawang memperoleh kategori Sangat Baik.

“Kami melakukan penilaian dengan apa adanya, dengan melewati metodelogi yang jelas dengan etika kejujuran, berlandaskan Kemenpan Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, dengan mengkaitkan target WBBM yang akan digapai Polres Singkawang,” ungkapnya, Kamis (8/4/2021).

Dengan 864 orang responden yang terdiri responden  pria dan wanita secara keseluruhan unit layanan Pada Polres Singkawang memperoleh Nilai IKM gabungan 90,24. Sedangkan nilai pada masing-masing unit layanan IKM Satpas dengan nilai 97,44, SPKT dengan nilai 91,34, Samsat dengan nilai IKM 78,65, dan SKCK dengan nilai 89,36.

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo beserta tim yang telah melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap unit layanan yang ada di Polres Singkawang dengan hasil Sangat Baik, Dengan hasil tersebut menjadi motivasi pihaknya dalam meningkatkan kinerja memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta  Polres Singkawang akan terus berupaya memperbaiki sarana dan prasarana pelayanan publik yang ada demi kenyamanan serta kepuasan masyarakat.

“Dengan hasil tersebut doa kami mudah-mudahan tetap amanah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan Polres Singkawang dapat mempertahankan serta bisa lebih di tingkatkan lagi,” ungkap Kapolres Singkawang.