Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menggelar Upacara Peringatam Hari Pahlawan tahun 2019 di Halaman Kantor Wali kota, Minggu (10/11/2019), dipimpin oleh Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie. selaku Inspektur Upacara.

Wali kota membacakan sambutan Menteri Sosial mengatakan bahwa peristiwa itu mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” kata Tjhai Chui Mie.

Peringatan Hari Pahlawan, kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” lanjut Tjhai Chui Mie.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk maknai hari pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

“Saudara sebangsa dan setanah air, hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan,”ajak Tjhai Chui Mie.

Ia berharap dengan Peringatan Hari Pahlwan, kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

“Selain itu peringatan Hari Pahlawan ini, mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,” ajaknya.