Bagikan

Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2020, TP PKK Kota Singkawang menggelar swab test gratis bagi kaum perempuan di Sekretariat PKK Kota Singkawang, jumat (18/12/2020).

Ketua TP PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati hari ibu sekaligus tindak lanjut dari instruksi presiden. 

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari ibu dan tindak lanjut dari instruksi presiden Nomor 6 Tahun 2000 tentang peningkatan disiplin protokol kesehatan covid dalam rangka pencegahan dan pengendalian covid serta permendagri Nomor 20 Tahun 2020 mengenai percepatan penanganan covid,” ujarnya.

Pelaksanaan swab test gratis sudah dilaksanakan di semua kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat. Sasaran utama dari swab test gratis ini adalah kaum perempuan atau ibu – ibu sebagai wujud memperingati hari ibu.

“Karena ini hari ibu jadi kita priortaskan ibu – ibu, khususnya seluruh anggota PKK, baik di tingkat kota kecamatan dan kelurahan,” kata Juli.

Juli mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang dalam upaya penanganan dan pencegahan covid-19. “Kepala Dinas Kesehatan dan KB mengambil kebijakan, karena ini adalah penangan dan pencegahan sehingga rapid test dialihkan menjadi swab test gratis. Dan beliau sangat mendukung,” kata Juli.

Ia juga meyakinkan masyarakat bahwa swab test itu tidak sakit. “Swab tidak sakit asal rileks dan kerjasama antara petugas, akan diarahkan sehingga tidak terasa apa-apa,” ujarnya.

Dengan demikian, Ketua PKK Kota Singkawang berharap dengan swab test ini, dapat menjadi edukasi bagi masyarakat Kota Singkawang dalam hal swab test dan deteksi dini covid.

“Saya berharap kegiatan hari ini memberikan contoh kepada masyarakat bahwa swab itu tidak sakit dan kita dapat memotivasi masyarakat untuk sadar agar mau melakukan rapid atau swab  secara mandiri dan ini adalah deteksi dini untuk mencegah penyebaran covid 19,” ujar Juli.

Sementara Ketua GOW Singkawang, Istri Handayani mengungkapkan program Swab Gratis yang diselenggarakan oleh TP. PKK merupakan salah satu upaya yang sangat baik dan bijaksana dalam upaya berkontribusi mengurangi penyebarluasan Covid-19.

“Peringatan Hari Ibu dilaksanakan dengan aksi social dan aksi nyata oleh TP.PKK Kota Singkawang dengan mengadakan swab gratis untuk masyarakat.  Di tengah Pandemi Covid-19 ini menurut saya suatu langkah yang sangat bijaksana program ini diluncurkan,” ungkap Istri.

Ia mengatakan pemeriksaan dini menjadi penting agar bisa mendapatkan perawatan dengan cepat. Tak hanya itu, dengan mengetahui lebih cepat, kita bisa menghindari potensi penularan ke orang lain.

Salah satu faktor yang menghambat masyarakat untuk ikut Swab  adalah ketakutan atas stigma masyarakat.

“Sudah saatnya kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu  Pemerintah dalam  menghimbau masyarakat agar tidak mengucilkan pasien positif COVID-19, namun memberikan dukungan dan keprihatinan agar stigma negatif di mata publik bisa menghilang,” ujarnya.

Menurut Istri meskipun vaksin Covid-19 nantinya sudah ditemukan dan bisa didistribusikan, perilaku 3M dan 3T harus tetap dijalankan. “Kalau misalkan mendapatkan vaksin Mei atau Juni (2021), kebiasan terhadap 3M dan 3T harus tetap kita jalankan sampai pemerintah benar-benar memberikan informasi bahwa Covid-19 sudah tidak ada,” katanya.

Istri menambahkan 3M dan 3T sama pentingnya dan satu kesatuan, kita berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan kita melindungi diri dan melindungi sesama. Saat ini 3M masih satu-satunya cara “vaksin” paling ampuh.

“Jadi kita harus konsisten dan jangan lengah untuk melakukan 3M. Bersamaan dengan itu kita semua serta masyarakat harus mendukung pelaksanaan 3T, terutama dalam hal testing. Karena apabila masyarakat tidak mau melakukan testing, maka tracing tidak akan terjadi,” ujarnya.