Bagikan

Singkawang, MC – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 yang berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama Singkawang, Jumat (3/1/2020).

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie selaku Inspektur Upacara saat membacakan pidato Menteri Agama RI, Fachrul Razi, mengatakan pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti ke-74 adalah bentuk penghargaan atas jasa-jasa para pendahulu dan pendiri Kementerian Agama RI.

“Kita semua dapat berdiri disini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan para generasi pendahulu yang membentuk Kementerian Agama pertama kali pada tanggal 3 Januari 1946,” katanya.

Kementerian agama lahir di tengah kanca revolusi fisik Bangsa Indonesia, dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajah. Dalam sambutannya, Menteri Agama menuturkan bahwa negara dan agama saling membutuhkan dan saling mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Dalam keputusan suatu negara, menurutnya, tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama.

“Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan, tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan untuk melahirkan modernisasi beragama dan bernegara,” ujarnya.

Sejalan dengan tema Ummat Rukun Indonesia Maju, Ia mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama di Indonesia untuk selalu memperkuat kerukunan beragama di tanah air. Usai upacara, Wali Kota memberikan Satya Lencana kepada pegawai Kementerian Agama Kota Singkawang yang dianggap berjasa dalam kemajuan Kementerian Agama Kota Singkawang.