Bagikan

Singkawang, MC – Harga telur ayam di Pasar Tradisional seperti Beringin dan Alianyang Singkawang berkisar antara Rp28 ribu-Rp29 ribu per Kilogram.

“Kenaikan harga telur ayam sudah berlangsung sekitar 3 minggu yang lalu. Dan kenaikan harga telur ayam hampir merata disetiap daerah di Kalbar,” kata Kepala Seksi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri Disperindagkop dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi, Senin (30/11/2020).

Penyebab kenaikan harga telur ayam, katanya, masih dalam penelusuran pihaknya, karena menurut informasi yang didapatkan dari pedagang sangat berbeda-beda.

Selain itu, bawang bombay juga menurutnya telah terjadi kenaikan harga, yang mana sebelumnya diharga Rp18 ribu per Kilogram, tapi sekarang naik menjadi Rp23 ribu per Kilogram.

“Kalau kenaikan harga bawang bombay dikarenakan stok dari agen saat ini terbatas,” ujarnya.

Demikian pula dengan minyak goreng curah, sampai saat ini masih dijual dengan harga tinggi yakni Rp14 ribu per Kilogram.

Untuk bawang merah, lanjutnya, ada sedikit penurunan harga, dan dijual dengan harga dikisaran Rp40 ribu-Rp43 ribu per Kilogram.

“Kemarin harganya masih tinggi dikisaran Rp45 ribu per Kilogram, tapi sekarang ada penurunan harga,” ungkapnya.

Sedangkan untuk bawang putih masih diharga stabil yakni dikisaran antara Rp22 ribu-Rp24 ribu per Kilogram.

Helmi menambahkan, untuk harga ikan juga saat ini masih stabil yakni dikisaran rata-rata Rp35 ribu per Kilogram. Sedangkan harga ayam dalam bentuk karkas dijual dengan harga tinggi yakni rata-rata Rp48 ribu per Kilogram. Dan daging sapi dijual stabil dengan harga Rp125 ribu-Rp130 ribu per Kilogram.

Demikian pula dengan gula pasir, masih dikisaran harga Rp12.500-Rp13 ribu per Kilogram.