Bagikan

Singkawang, MC – Gereja Katolik Santo Paulus Stasi Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan diresmikan pada Minggu (9/1/2022). Peresmian pembangunan gereja tersebut dilakukan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Uskup Agung Pontianak Agustinus Agus ditandai dengan penandatanganan prasasti.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang dan atas nama pribadi saya mengucapkan selamat kepada umat katolik Kelurahan  Sijangkung atas diresmikannya Gereja Santo Paulus Sijangkung ini,” kata Wali Kota Tjhai Chui Mie mengawali sambutan.

Tjhai Chui Mie menuturkan selesainya pembangunan Gereja Santo Paulus Sijangkung pantas untuk disyukuri oleh umat katolik, sebab proses pembangunan Gereja Santo Paulus ini tentunya membutuhkan pengorbanan baik pikiran, waktu, tenaga maupun biaya yang tidak sedikit.

Ia mengingatkan bahwa pembangunan fisik ini jangan menjadi yang utama. karena yang lebih penting, adalah membangun mental dan hati kita agar umat katolik  semakin menghayati apa yang diajarkan tuhan dalam kehidupan sehari-harinya baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dalam hidup menggerejanya.

“Apalah artinya sebuah bangunan tempat ibadah yang megah tanpa diimbangi dengan “kemegahan” sikap dan perilaku serta iman pemeluknya. Saya berharap dengan kehadiran gereja di Santo Paulus Sijangkung ini akan semakin meningkatkan semangat umat untuk beribadah di gereja.” ujarnya.

Ia mengatakan pembinaan dan pembangunan di bidang agama di Kota Singkawang senantiasa  mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai bagian  dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional dan daerah.

Umat beragama sebagai salah satu subyek pembangunan akan mampu menempatkan diri dalam keselarasan, keseimbangan dan keserasian hidup antara manusia satu dengan yang lainnya di dalam masyarakat dan dengan alam lingkungannya serta dengan sang penciptanya.

“Yang pada akhirnya, hal ini akan menjadi kekuatan efektif bagi keberhasilan pembangunan baik secara materiil maupun spiritual,” katanya.

Ia berharap kepada seluruh umat beragama di Kota Singkawang untuk mampu menjaga kerukunan dan stabilitas dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya mengajak semua komponen masyarakat Singkawang untuk menyatukan tekad dan bergandeng tangan membangun dan memajukan Kota Singkawang demi masa depan yang lebih baik lagi. Karena hanya dengan perasaan senasib, tekad dan kerja sama antara kita semua, Kota Singkawang yang hebat dapat terwujud.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik