Bagikan

Singkawang, MC – Forum Anak Kota Singkawang juga ambil proses dalam perencanaan pembangunan di Kota Singkawang.

Hal ini dengan dibuktikannya penyerahan secara tertulis suara anak Singkawang ke Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie pada Musrenbang RKPD tahun 2021 yang baru saja dihelat, Rabu (11/3/2020).

“Kami sudah menyampaikan secara tertulis akan suara anak kota Singkawang. Semoga suara anak Singkawang bisa masuk menjadi program kerja Pemkot Singkawang,” ungkap Ketua Forum Anak Kota Singkawang Iknal, Jumat (13/3/2020).

Suara anak kota Singkawang yang dimaksudkan Iknal tertulis berisikan lima poin utama.

Poin pertama adalah sekolah bebas rokok. Dengan anak dan guru dilarang keras merokok di area sekolah dan saat menggunakan identitas sekolah baik sebagai murid dan guru agar tertanam kondisi yang bebas sekokah bebas rokok.

Poin kedua, forum anak Singkawang meminta agar kantor dan sekolah dengan memiliki pencahayaan lampu memadai, terutama di malam hari. Dikarenakan pencahayaan yang minim dan akses Wifi 24 jam membuat tempat tersebut digunakan hal negatif bagi anak.

Dalam poin ketiga, pihaknya juga meminta beasiswa dan KIP  yang mudah dalam akses dan informasi. Ia berharap program pemerintah yang satu ini dapat dengan mudah diakses, sehingga anak anak yang berhak dan layak mendapatkannya benar benar dapat lolos dan menerima manfaatnya.

“Ini tidak hanya berlaku KIP saja semoga juga berlaku bagi beasiswa beasiswa untuk daerah,” jelasnya.

Terakhir poin keempat dari suara anak kota Singkawang adalah anak anak Singkawang berharap ada pembangunan planetorium dan observatorium.

Hal ini, kata Iknal, guna menghadirkan wadah media pembelajaran yang ekslusif, menarik, dan menjadi daya tarik bagi daerah lainya. “Kalau Pontianakkan ada museum, kita berharap ada planetorium dan observatorium,” katanya.