Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, pada perayaan Festival Cap Go Meh tahun ini cukup ramai disaksikan wisatawan Domestik maupun Mancanegara. 

“Meskipun di Kota Singkawang diterpa adanya isu hoax virus corona sama sekali tidak memberikan dampak yang signifikan pada perayaan tersebut,” kata Tjhai Chui Mie, Senin (17/2/2020). 

Menurutnya, wisatawan Mancanegara yang datang ke Kota Singkawang pada event Cap Go Meh bukan hanya berasal dari negara China saja, tetapi juga banyak dari negara-negara lainnya, seperti Malaysia. 

“Dan kedatangan mereka bukan hanya sekedar untuk menyaksikan festival Cap Go Meh saja, tapi juga ada yang ikut menjadi peserta parade tatung seperti dari Malaysia,” ujarnya. 

Tjhai Chui Mie mengungkapkan, dengan masih banyaknya wisatawan Domestik maupun Mancanegara yang hadir pada Festival Cap Go Meh kemarin, dipastikan akan memberikan dampak yang positif bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Singkawang. 

“Seperti dari segi perhotelan, restoran maupun perparkiran,” ungkapnya.

Ketiga aspek ini, menurutnya dampak positif yang bisa langsung dirasakan oleh Pemkot Singkawang.

Sementara dampak positif yang langsung dirasakan oleh masyarakat adalah bagi mereka yang memanfaatkan moment perayaan Imlek dan Cap Go Meh selama 18 hari di Stadion Kridasana Singkawang. 

“Dari pemanfaatan moment tersebut, tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Singkawang,” jelasnya.