Bagikan

Singkawang, InfoPublik – SMK Negeri 3 Singkawang, Kalimantan Barat terpilih sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan sebagai Sekolah Center Of Excellence sektor hospitality dan mendapat bantuan Fisik berupa ruang praktik siswa dalam wujud Edotel (Education Hotel).

“Kita patut bersyukur dan berbangga karena SMKN 3 terpilih sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan Sebagai Sekolah Center Of Excellence, serta mendapatkan bantuan fisik hotel training dan peralatan pendukungnya,” kata Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan saat meresmikan Edotel di SMKN 3, Minggu (21/2/2021).

Irwan mengatakan, Edotel dirancang dan dibangun untuk fasilitas pembelajaran dengan menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersial oleh pihak sekolah dengan melibatkan peserta didik dalam sistem pelayanan dan pengelolaannya.

“Kehadiran Edotel sebagai sarana pembelajaran bagi siswa dan guru dan untuk manajemen sekolah. Edotel menjadi salah satu optimalisasi pemanfaatan sumber daya sekolah,” ujar dia.

Irwan mengatakan, Edotel ini akan difungsikan sebagai tempat pembelajaran yang berbasis Teaching Factory yaitu model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri, untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Model pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselarasan proses pengantaran pengembangan keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge) dan sikap (attitude) melalui penyelarasan tematik pada mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif.

Nantinya, kata Irwan, Edotel ini didampingi oleh Industri terkait dalam proses pembelajarannya sehingga benar-benar mempelajari standar kerja industri dengan tujuan akhirnya tingkat keterserapan lulusan SMK akan meningkat dan bernilai jual tinggi.

“Dengan adanya Edotel SMKN 3 diharapkan akan dapat meningkatkan sumber daya manusia siswa siswi SMKN 3 di sektor Pariwisata khususnya di bidang perhotelan. Hal ini selaras dengan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang menjadikan Kota Singkawang sebagai kota jasa dan pariwisata,” kata Irwan.

“Atas nama pemerintah Kota Singkawang saya mengucapkan terimaka sih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atas dukungannya sehingga Edotel di Kota Singkawang dapat terwujud,” tutup dia. *MC/VV