Bagikan

Singkawang, MC – Dalam rangka menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berpartisipasi melakukan Donor Darah, Kamis (13/8/2020) di Kantor PMI Singkawang.

Layanan donor darah ini dibuka hingga batas pukul 21.00 Wib. PMI menargetkan sebanyak 50 sampai 100 pendonor dari ASN kota Singkawang yang ikut berpartisipasi.

“Hasil dari donor darah akan didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit di kota Singkawang. Untuk daerah Sambas dan Bengkayang seringkali membutuhkan darah dan mengambil ke PMI Kota Singkawang karena PMI Kota Singkawang menjadi rujukan daerah lain,” ujar Suwadji Kepala Markas PMI Kota Singkawang.

Ia mengatakan donor darah ditengah pandemi Covid 19 tidak menjadi masalah, namun protokol kesehatan Covid 19 tetap wajib untuk dijalankan. 

“Donor darah ini juga tidak ada batas waktu tersendiri bagi pendonor yang ingin mendonor, selama ASN itu datang ke PMI, kami terima dengan senang hati,” ujarnya.

Diketahui, Untuk pendonor ada dua kategori, yaitu pendonor sukarela untuk menyumbangkan darahnya langsung diberikan kepada PMI, dan kemudian pihak PMI mendistribusikan ke Rumah Sakit. Kemudian pendonor darah pengganti, yang mana pendonor mendonorkan darahnya hanya untuk kerabat atau keluarganya sendiri, bukan untuk disumbangkan ke PMI.