Bagikan

Singkawang, MC – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Sumastro mengatakan pihaknya siap menerapkan aplikasi e-Office yang telah dirancang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan ekspose perkembangan Smart City oleh Diskominfo di Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (25/6/2019). “Di era teknologi ini diwajibkan semua ASN (Aparatur Sipil Negara,red) melek lT. Dengan diterapkannya e-office dan aplikasi lain akan memberikan banyak manfaat,” kata Sumastro.

Manfaat tersebut, kata Sumastro, antara lain hemat biaya karena anggaran ATK berkurang (paperless), hemat waktu dan biaya serta semua arsip dokumen akan mudah ditemukan.

Ia menegaskan kepada para pejabat dan staf di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Singkawang agar mempersiapkan diri untuk bekerja ama dengan Diskominfo dalam menerapkan e-office dan aplikasi-aplikasi lainnya.

“Saya serius dalam penerapan IT. Semua ASN wajib paham lT. Saya tidak segan-segan akan memutasikan aparatur yang tidak mau meng-upgrade tuntutan perkembangan IT saat ini,” tegas Sumastro.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Singkawang Ahyadi mengatakan pihaknya telah membuat beberapa aplikasi dan peraturan terkait dengan pemanfaatan lT di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Hal ini juga, katanya, menindaklanjuti arahan Sekda untuk mensosialisasikan peneraparan e-office kepada ASN di Setda.

“Melalui langkah ini diharapkan Setda bisa jadi pilot project penerapan e-office sebelum diterapkan pada OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang,” katanya.

Ahyadi berharap agar ada komitmen dari seluruh OPD untuk bersama-sama menerapkan dan mengintegrasikan aplikasi sesuai Peraturan Walikota Singkawang. “Saya berharap ada komitmen kita semua untuk menerapkan aplikasi sesuai dengan Peraturan Wali Kota,” harapnya.

MC. Kota Singkawang