Bagikan

Singkawan, MC – Pasca diresmikannya Telematics Control Management Room di Kantor Walikota Singkawang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pertemuan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang untuk mengintegrasikan data dengan Telematics Control Management (TCM) Room.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil M. Heru mengatakan dengan adanya TCM Room ini, Disdukcapil dapat mengintegrasikan data-data untuk disajikan disini.

“Beberapa Inovasi dari Disdukcapil Kota Singkawang seperti Sistem Informasi Layanan (SIL) dan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan (Sipelanduk) juga dapat diakses di TCM Room,” katanya, Selasa (21/1/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government dan Telematika Dinas Kominfo, Evan Ernanda menyambut baik dengan langkah-langkah yang dilakukan Disdukcapil untuk mengintegrasikan data dengan TCM Room.

“Hal ini mendukung fungsi dari TCM Room untuk menyajikan data-data sebagai sumber pengambilan keputusan untuk pimpinan,” ujarnya.

Selain itu, Evan menambahkan dengan integrasi data ini juga mendukung Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

“Yang didalamnya memuat untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah,” katanya.