Bagikan

Singkawang, MC – Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang dr Barita Ompusunggu mengatakan pihaknya yang tergabung dalam tim gugus tugas Covid-19 Singkawang telah melakukan rapid test kepada warga. 

“Rapid test yang sudah dilakukan sampai tanggal 19 Juni 2020 sudah mencapai 5.701 orang. Dan sepanjang termen waktu itu setidaknya ada 126 orang yang hasilnya reaktif. Jumlah ini sudah termasuk warga yang di rapid test massal,” ungkapnya, Minggu (21/6/2020).

Dari hasil rapid test semua yang reaktif ada yang diminta melakukan karantina mandiri hingga karantina terpusat di Bandiklat Singkawang.  Semuanya sudah dilakukan sesuai prosedur dan telah selesai masa pemantauan.  “Saat ini tidak ada orang yang dikarantina di Bandiklat Singkawang, ” ungkapnya. 

dr Barita juga menyampaikan saat ini pihaknya terus melakukan namanya sosialisasi dan penguatan protokol kesehatan di bagi masyarakat tak terkecuali pusat keramaian seperti pasar,  cafe, warkop dan lokasi lainya.  

“Bersama tim gabungan kita melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan itu sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing instansi yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19,” jelasnya. 

Ia kembali menekankan pentingnya pemakaian masker,  jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun menggunakan air baik sebelum dan sesudah beraktivitas.  “Jika sakit atau kondisi badan kurang sehat sebaiknya tidak keluar rumah, ” imbaunya.