Bagikan

Singkawang, MC – Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kota Singkawang, Barita mengimbau ke masyarakat Singkawang untuk tidak terlalu cemas, namun wajib waspada terhadap penyebaran wabah virus Corona. 

“Karena, dalam rangka antisipasi penularannya, kita sudah melayangkan surat kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Singkawang,” kata Barita, Kamis (30/1/2020).

 Kalaupun memang ditemukan kasus virus Corona di Singkawang maka pihaknya akan membuat standar operasional prosedur (SOP) dalam rangka penanganannya. 

Kemudian, dalam rangka mengantisipasi itu juga, pihaknya sudah menyiapkan masker yang standar yaitu masker N-95. 

‘Bahkan kita juga telah menyiapkan nomor pengaduan dan layanan masyarakat mengenai penyakit menular yang selalu standby selama 24 jam yaitu di nomor 0813 4559 3794,” ujarnya. 

Sementara, Ketua IDI Singkawang, Wahyu Finasari mengimbau ke masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari mencuci tangan dan meningkatkan kekebalan tubuh masing-masing dengan makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, cukup istirahat serta menghindari stres.

 “Karena itu adalah konsep kesehatan yang standar dan harus kita jaga untuk menghindari infeksi virus apapun,” katanya. 

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Singkawang khususnya yang pernah melakukan kontak dengan pasien atau bepergian ke negara yang sudah terkena virus Corona dalam 14 hari terakhir (2 minggu), jika merasakan keluhan di badan merasa tidak nyaman atau demam, segera periksakan ke dokter memeriksakan diri atau konsultasi dan meminta saran yang terbaik.

“Dan jika ada batuk, segera menggunakan masker yang standar dan berwarna. Jangan menggunakan masker yang ada gambar-gambarnya, karena itu bukan masker untuk perlindungan flu yang direkomendasikan,” ujarnya.