Bagikan

Singkawang, MC – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Singkawang melakukan pertemuan bersama OPD terkait untuk mensinergikan program kerja 2020.

Diskusi ringan sembari mengulas kondisi Dekranasda Kota Singkawang. Saat ini Dekranasda memiliki dua galeri yang terletak di perempatan Jalan P. Diponegoro dan di Mess Daerah Jalan Merdeka.

Ketua Dekranasda Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengatakan pasca dilantiknya pejabat baru di lingkungan Pemkot Singkawang ikut merotasi kepengurusan Dekrnasda.

“Terutama pejabat baru di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Singkawang,” katanya, Minggu (8/3/2020).

Untuk tahun 2020, Juli Wahyuni berharap setiap anggota semakin aktif berperan dalam kepengurusan Dekranasda dan semakin dapat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait, serta mitra binaan seperti perajin dan UKM.

“Kita harapkan semua pengurus dapat bersinergi dengan OPD terkait serta melakukan kemitraan dan pembinaan kepada pengrajin dan UKM,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan UKM, Muslimin mengusulkan agar motif batik lembayung yang ada di galeri dekranasda dapat dikembangkan menjadi motif unggulan mengingat banyaknya permintaan dan penjualan.

“Motif batik lembayung ini perlu kita kembangkan, banyak yang bertanya dan banyak permintaan, ini peluang kita,” kata Muslimin

Selain itu, Muslimin menyampaikan pesan Walikota Singkawang untuk mengerakkan sektor perajin keramik, menurutnya perlu pendampingan dan mitra binaan baru untuk menggerakkan kembali keramik khas Singkawang yang dapat dijadikan souvenir yang ringan baik untuk wisatawan maupun cinderamata untuk dibawa keluar daerah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, HM. Nadjib mengusulkan agar Dekrnasda juga menggandeng usaha kuliner.

“Saya rasa kita perlu mengembangkan kuliner khas Singkawang baik makanan atau minuman,” kata Nadjib.