Bagikan

Singkawang, MC – Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang Stepanus berharap Pemkot Singkawang bisa merealisasikan dana hibah untuk DAD. Karena hal tersebut merupakan salah satu wujud perhatian Pemkot Singkawang.

“Kita terus berjuang dan sudah mengusulkan bantuan dana hibah ke Pemkot Singkawang melalui Wali Kota Singkawang,” kata Stepanus, Selasa (10/3/2020).

Sejak kepemimpinannya sejak tahun 2019 belum ada dana hibah yang mengucur untuk DAD. Bahkan pada perhelatan gawai sejak tahun 2017 hingga 2019 pihaknya tidak menerima bantuan hibah tersebut.

“Kita sudah setiap tahun mengusulkan namun beberapa tahun tidak mendapat dana hibah,” ungkapnya.

Ia mengatakan sejak tahun 2017, Ketua Gawai Herman Buhing, Tahun 2018 Ketua Gawai Pak Ahyadi, Tahun 2019 kembali ke Herman Buhing, tidak ada hibah sampai saat ini.

Namun perhatian lainnya juga tapi ada, dimana yang ia ketahui ada pembangunan dari Dinas PUPR untuk jalan akses masuk menuju rumah betang, termasuk pemasangan paving untuk rumah Betang oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang.

Bahkan untuk tahun 2020, pihaknya juga sudah mengajukan untuk kegiatan gawai dan kedua tentang penataan, jalan dan renovasi rumah Betang ditujukan untuk Walikota melalui Bagian Kesra Setda Kota Singkawang. Tentunya, kata dia, pihaknya mengusahakan mendapat perhatian dari pemerintah kota Singkawang. “Tentunya semua yang kita lalui ini adalah perjuangan,” katanya.

Bahkan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan anggota DPRD Singkawang dimana agar DAD mendapatkan dana bantuan hibah. Dimana kepada para anggota DPRD Singkawang tersebut sudah ikut mengawal apa yang menjadi usulan DAD kota Singkawang.

Selain itu, kata Stepanus, dua bulan mendatang tepatnya Mei, akan ada Gawai, dimana perhelatan gawai ini sudah ditetapkan pemerintah sehingga sejak setiap 20 Mei, menjadi acara Gawai Nasional.

“Kalau di Pontianak ada Pekan Dayak Nasional. Sehingga Gawai Dayak di Kota Singkawang akan dilaksanakan bulan Mei 2020, meski biasanya selisih tanggal saja dalam pelaksanaannya. Sedangkan untuk rencananya gawai Dayak Singkawang akan dilaksanakan pemusatan di Rumah Betang Singkawang,” jelasnya