Bagikan

Singkawang, MC – Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Kalimantan IX/Singkawang, Yuyu Wahyudin mengatakan, jika pihaknya bersama intansi terkait telah melaksanakan patroli terpadu dan posko pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Kelurahan Setapuk Kecil, Kecamatan Singkawang Utara.

“Tim juga melakukan Patroli Preemtive dan Prepentive pencagahan Karhutla dalam bentuk anjangsana, sosialiasi serta edukasi akan dampak kebakaran hutan dan lahan kepada warga, juga dilakukan pemantauan daerah rawan Karhutla serta pengukuran tinggi muka air gambut,” katanya, Jumat (14/8/2020).

Dia mengingatkan kembali, bahwa setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga kelestarian flora dan fauna serta memelihara ekosistem dan lingkungan hidup khususnya memasuki musim kemarau dalam upaya melindungi masyarakat dari dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Serta mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan atau kebun dengan cara dibakar khususnya di wilayah Kota Singkawang.

“Tujuannya agar tidak menimbulkan bencana asap, pencemaran udara, gangguan kesehatan dan mengganggu kegiatan masyarakat lainnya,” ujarnya