Bagikan

Singkawang, MC – Jelang Tahun Baru Imlek 2573, Kota Singkawang mulai dipenuhi dengan ornamen dan pernak pernik khas imlek, seperti lampion yang telah terpasang di pusat kota. Tidak hanya itu, para pedagang pun sudah mulai memajang pernak-pernik Imlek di depan toko mereka masing-masing semenjak dua pekan lalu.

Di salah satu toko yang terletak di Jalan Niaga terlihat seorang pembeli sedang memilih beberapa kantong bunga Mei Hua dengan corak warna-warn. Sekantong bunga Mei Hua ini dijual seharga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kantong.

Pembeli dapat membeli hiasan bunga Mei Hua tersebut sesuai dengan perpaduan warna-warni yang diinginkan. Daya tarik warna-warni yang menghiasi ornamen pohon bunga Mei Hua ini melambangkan kegembiraan menyambut datangnya keindahan musim semi dan semangat baru bagi masyarakat Tionghoa.

Menurut pengakuan salah satu penjual, Aken mengatakan bunga Mei Hua dengan corak warna-warni menjadi incaran yang saat ini paling dicari oleh para pembeli. Pohon yang berhiaskan bunga Mei Hua dijual dengan kisaran harga yang cukup terjangkau mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung permintaan dari para pembeli.

“Setiap kali menyambut Imlek, Bunga Mei Hua warna-warni dan Tempelan Fu jadi incaran wajib para pembeli. Jadi, mereka bisa pasang bunga nya sendiri di pohonnya. Sambilan mengisi waktu, hitung-hitung mereka bisa bangun kreatifitas dengan menghiasi pohon dengan bunga Mei Hua yang berwarna-warni,” ujar Aken, Kamis (13/1/2022).

Ia berharap Tahun Baru Imlek 2573 ini bisa membawa keberkahan bagi usahanya yang sempat mengalami krisis akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan. Ia juga berterimakasih atas kerjasama masyarakat yang turut mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dijalankan oleh pemerintah dan pihak lainnya.

“Sudah beberapa tahun tidak merayakan Imlek. Pendapatan sempat menurun drastis. Suasana Imlek ketika pandemi pun terasa kurang meriah ketika awal-awal pandemi masuk ke Indonesia. Bersyukur sekarang sudah banyak masyarakat yang divaksin, semoga tahun ini bisa jauh membaik. Perayaan Imlek dan Cap Go Meh pun bisa dirayakan dengan rasa aman dan nyaman,” tambahnya.

Selain Bunga Mei Hua, pernak-pernik Imlek lainnya diminati hingga saat ini adalah Tempelan Fu, Angpao, Keranjang Hias Bawang Imlek, Lampu hias, Lampion dan gantungan bernuansa Imlek lainnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik