Bagikan

Singkawang, MC – Guna meminimalisir interaksi langsung dan mencegah penyebaran virus di masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Singkawang menerapkan program Pandawa atau Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp di nomor 082158537067, dalam memberikan sejumlah pelayanan kepada masyarakat.

Langkah ini cukup efektif, setiap harinya sekitar 30 masyarakat memanfaatkan system ini yang dilayani langsung oleh operator BPJS Singkawang.

Kepala BPJS Singkawang  Desvita Yanni mengatakan program Pandawa merupakan langkah BPJS dalam berperan dan membantu Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 dengan mengurangi antrean dikantor.

Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan program Pandawa yang berbasis sistem online, masyarakat akan lebih mudah terlayani karena tidak harus datang ke kantor dan mengantre, namun cukup menggunakan handphone saja dari rumah.

 “Per harinya bisa ratusan masyarakat yang mendatangi kantor untuk pelayanan, apa lagi di hari Senin, jumlah antreannya lebih banyak dari hari-hari lainnya,” katanya, Senin (26/10/2020).

Ramainya pengunjung di kantor BPJS Kesehatan menurutnya rentan akan menjadi pemicu penularan Covid-19, sehingga program Pandawa menjadi solusi untuk mengurangi resiko penularan Covid-19.

“Jadi lewat program Pandawa ini, masyarakat hanya harus mengirimkan WA tentang keperluannya, nanti akan langsung dijawab melalui WA itu, jadi langsung di tangani karena sudah ada Adminnya,” tambahnya.

Program Pandawa ini, dijelaskan Desvita sudah dimulai sejak September 2020 lalu, dimana peningkatan kasus terkonfirmasi positif di Kota Singkawang mengalami peningkatan drastis.