Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama TNI dan Polri meninjau Dinas Kesehatan dan Puskesmas sebagai tempat penyimpanan Vaksin Covid-19, Kamis (6/1/2021).

Dinas Kesehatan dan Puskesmas saat ini telah menyiapkan vaksin cooler dan freezer atau peti pendingin vaksin yang digunakan sebagai box penyimpanan vaksin.

Wali Kota mengatakan peti pendingin vaksin telah siap digunakan dalam menyambut kedatangan vaksin sinopac yang sebelumnya telah tiba di Kota Pontianak.

“Kota Singkawang siap melaksanakan tugas yang diintruksikan dari presiden kepada Pemerintah Kota Singkawang,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai hasil meeting melalui zoom bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan, semua daerah akan dilakukan vaksin serentak yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Januari 2021 mendatang.

“Dan yang pertama akan divaksin secara simbolis mulai dari kepala daerah beserta Forkompimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama,” ujarnya.

Meski telah siap, kata Tjhai Chui Mie hingga saat ini belum dapat dipastikan berapa jumlah vaksin covid-19 yang akan diterima untuk Kota Singkawang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang, dr. Barita Ompusunggu  telah melakukan persiapan untuk menyimpan vaksin covid-19 . Mulai dari tempat untuk penyimpanan vaksin , hingga tempat pelaksanaan vaksin di 10 Puskesmas di Kota Singkawang.

“Kita juga telah melakukan pelatihan vaksinator sebanyak 40 orang. Di mana setiap Puskesmas nantinya akan ada 4 orang vaksinator ,” kata Barita.