Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melakukan kunjungan audiensi sekaligus silaturahmi ke Kementerian Agama RI di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Kunjungan audiensi Wali Kota beserta rombongan diterima Menteri Agama RI, Fachrul Razi di lantai 2 Gedung Utama Kementerian Agama RI.

Dihadapan Menteri Agama, Tjhai Chui Mie memaparkan saat ini di Kota Singkawang sedang dilakukan pemugaran Masjid Agung guna mewujudkan harapan masyarakat untuk memiliki masjid yang representatif.

“Terlebih lagi usia masjid agung saat ini yang telah mencapai 28 tahun,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia menceritakan, dulu saat masih menjabat sebagai ketua DPRD Singkawang, seringkali hatinya terenyuh melihat jemaah haji terutama yang berusia lanjut harus naik turun bis akibat gerbang masjid yang kecil.

“Sejak dari saya ketua dewan biasanya saat mengikuti kegiatan melepas jemaah haji, jemaah harus naik turun dari bis diluar masjid, karena gerbangnya kecil. Makanya kemarin kita Galang dana kemudian bisa diperbaharui,” katanya.

“Nah setelah gerbang yang baru jadi kita lihat memang sudah sebaiknya secara keseluruhan masjid agung harus ada pembenahan karena dibeberapa bagian juga sudah mengalami kerusakan,” ujarnya.

Ia mengatakan pada tahun ini telah dianggarkan Rp6 Miliar yang berasal dari APBD Kota Singkawang. Ia sendiri memiliki harapan untuk menuntaskan usaha pemugaran Masjid Agung dalam waktu dua tahun kedepan.

“Kedatangan kami disini mengharapkan dukungan dan doa restunya dari bapak menteri, anggaran yang kita persiapkan mulai dari APBD dan diusahakan juga APBD Provinsi dan dari berbagai pihak yang tidak akan mengikat dikemudian hari,” katanya.

“Tentunya setelah kita bertemu bapak menteri, kami berharap bisa makin percaya diri dalam membangun masjid agung,” ujarnya.

Perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Darohman menyatakan sangat mendukung rencana mulia dari Pemkot Singkawang.

“Kedatangan kami tentunya menyambung silaturahmi kemudian ada rencana mulia dari Pemkot Singkawang yang berasal dari wali kota Singkawang, rencana berupa pemugaran. Sebuah masjid yang sudah cukup tua Karena sudah berumur 28 tahun. Alhamdulillah kota Singkawang yang sangat majemuk juga mendapat predikat kota tertoleran.” Katanya.

“Kami dari kanwil sangat mengapresiasi karena singkawang punya walikota yang sangat peduli terhadap perkembangan perikehidupan beragama,” Tambahnya.

Sementara Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan Kalimantan Barat atau Singkawang khususnya bukanlah wilayah yang asing bagi dirinya. Mulai dari semasa masih aktif di dunia militer ia telah kerap kali menginjakkan kaki di Kalbar.

“Saya juga banyak teman disana, memang saat ini kemajemukan dan toleransi perlu dipertahankan, itulah hebatnya Indonesia,” katanya.

Fachrul Razi menyampaikan kementerian agama siap membantu pelaksanaan pemugaran Masjid Agung. “Meski tidak besar, kita akan membantu untuk hal-hal lainnya,” pungkasnya.