Bagikan

Singkawang, MC – Sebanyak 100 peserta mengikuti launching pembinaan Muallaf yang digagas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang di Kecamatan Singkawang Timur dan Singkawang Selatan.

“Tujuannya agar para Muallaf lebih memahami dan mendalami tentang Al-Quran, keimanan, ibadah, ketauhidan serta tuntunan syarit Islam,” kata Ketua Baznas Singkawang, H. Mahmudi, Kamis (23/1/2020).

Dengan kegiatan pembinaan ini para Muallaf secara sistematis mendapatkan pengetahuan tentang keimanan danketakwaan kepada Allah Swt secara mendalam, serta dapat menjaga hubungan baik sesama manusia (habluminannas), dengan pembinaan tersebut juga dapat menciptakan akhlak yang mulia.

Mahmudi mengatakan bentuk pembinaan yang nantinya dilaksanakan Baznas Kota Singkawang seperti sistem majlis taklim yang akan diadakan di masjid, Disini materi yang disampaikan berupa kandungan isi Al-Quran, keimanan, ibadah, Ketauhitan, aqidah aklaq sesuai tuntunan syariat Islam.

“Setiap mereka hadir akan diberikan Paket Sembako yang merupakan bantuan distribusi Baznas dari hasil pengumpulan zakat Asnab Muallaf. Selain itu juga selama enam bulan para muallaf akan diberikan pengajaran, setiap seminggu sekali yang nantinya akan dibuatkan jadwal,” ujarnya.

Dalam menjalankan program ini Baznas Singkawang juga bekerjasama dengan penyuluh non ASN KUA Kecamatan Singkawang Timur berupa pengajaran sistematik sesuai dengan jadwal yang dibuat nantinya.

Sementara itu, kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Singkawang, H. Muhlis AR mengungkapkan bahwa kebesaran toleransi etnis dan antara matberagama yang berada di Kota Singkawang membuat Kota Singkawang menjadi Kota Tertoleran nomor satu se Indonesia sehingga banyak dari daerah daerah lain ingin datang untuk studi banding sebagai Kota atau Daerah percontohan.

“Hal ini mencerminkan bahwa kita menjadi contoh. Maka mari kita jaga kerukunan kita guna mendukung pembangunan kota Singkawang,” jelasnya.