Bagikan

Singkawang, MC – Bantuan beras Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar sudah tiba di Kota Singkawang. Beras ini akan didistribusikan kepada kepala keluarga miskin yang terdampak Covid-19. Setiap kepala keluarga (KK) miskin akan mendapatkan 20 kg beras.

Penyaluran akan dilakukan bertahap sesuai kemampuan armada distribusi dan langsung disampaikan ke rumah kepala keluarga penerima bantuan.

“Bantuan beras ini dari Pemerintah Provinsi Kalbar. Sesuai instruksi Gubernur Kalbar bantuan ini akan segara tersalurkan kepada kepala keluarga miskin yang ada di kota Singkawang,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Rabu (1/4/2020).

Penyaluran bantuan beras ini akan dilakukan oleh para personil Bulog, Tagana dari Dinsos, Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang dibantu mulai RT, Lurah dan Camat hingga dikawal oleh TNI-Polri dalam penyalurannya.

Bantuan beras ini dalam rangka meringankan warga masyarakat yang terdampak ekonominya karena wabah covid-19. Dimana mereka yang mendapat bantuan ini mengacu pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang telah terverifikasi secara reguler oleh Kementerian Sosial RI. Sesuai DTKS,  maka KK miskin yang menjadi sasaran bantuan beras sebanyak 15.316 Kepala Keluarga dengan jiwa 64.544 jiwa dari total penduduk Singkawang, berdasarkan perhitungan alokasi setiap KK mendapat jatah 20 kg dikalikan jumlah KK sebanyak 15.316 maka total jumlah beras yang disalurkan sebanyak 306.320 kg (306,3 ton).

Untuk Rabu (1/4), sesuai dengan kemampuan personil yang ada jumlah beras yang siap disalurkan sebanyak 40.000 kg (40 ton). Sesuai kesepakatan dengan para camat di masing-masing wilayah maka titik kelurahan yang menerima drofing pertama ini Kelurahan Melayu (Singkawang Barat), Kelurahan Jawa (Singkawang Tengah), Kelurahan Sungai Garam (Singkawang Utara), Kelurahan Sedau (Singkawang Selatan) dan Kelurahan Pajintan (Singkawang Timur).

“Kegiatan penyaluran ini tidak berhenti pada hari ini saja tapi akan terus dilakukan dalam waktu yang secepat-cepatnya sesuai kemapuan personil nantinya  petugas bulog yang dibantu Tagana, relawan, serta pihak terkait akan lembur untuk mendistribusikan beras bantuan Provinsi Kalbar ini.” Ungkapnya.

Ia meminta masyarakat bersabar dan pihaknya akan secepatnya melakukan pendistribusian ke seluruh KK penerima bantuan sesuai DTKS tersebut.

“Nantinya bantuan beras ini langsung diantarkan ke rumah masing masing KK penerima bantuan. Mohon bersabar, karena perlu butuh proses mulai pemaketan dan pendistribusian ke warga,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Singkawang Sujianto mengatakan apresiasi dengan bantuan Provinsi Kalbar tersebut. Pihaknya berharap bantuan yang ada dapat meringankan beban warga Kota Singkawang yang terdampak akibat Covid-19 ini.

“Nantinya penyaluran beras ini akan segera disalurkan. Karena memang butuh armada dan personil untuk disampaikan langsung ke rumah masing masing KK penerima bantuan ini,” jelasnya.