Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang berencana membangun gerbang di tiga pintu masuk Kota Singkawang seperti Kecamatan Singkawang Selatan, Utara dan Timur. 

“Pintu gerbang yang akan dibangun adalah merupakan salah satu visi misi Pemkot Singkawang, dimana Detail Engineering Design (DED) nya sedang dilakukan dan direncanakan akhir tahun 2021 sudah bisa direalisasikan pembangunannya,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Senin (22/3/2021).

Dikatakannya, pembangunan gerbang di tiga pintu masuk Kota Singkawang nantinya perlu kerjasama dengan Pemkab di tiga wilayah seperti Pemkab Sambas dan Bengkayang.

“Rencananya dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan dengan Bupati Sambas dan Bengkayang untuk merealisasikan gerbang tersebut,” tuturnya. 

Tjhai Chui Mie mengatakan, pembangunan gerbang ini disesuaikan dengan nuansa Adat dan Budaya khas di Kota Singkawang yaitu Tidayu atau Tionghoa, Dayak dan Melayu.

Menurutnya pembangunan gerbang tersebut akan menambah suatu keindahan dan memperjelas batas wilayah Singkawang, Sambas dan Bengkayang, karena dia ingin siapapun yang datang ke Kota Singkawang nantinya tahu jika Singkawang itu seperti apa. 

“Dalam pembangunannya kita serahkan kepada Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalbar untuk mendesainnya sehingga orang tahu bahwa ini karakternya Singkawang,” katanya.

Apabila pembangunan gerbang di tiga pintu masuk Kota Singkawang sudah jadi, dia berharap kepada masyarakat setempat untuk bisa menghargai, menjaga dan melestarikan budaya-budaya Indonesia khususnya di Kota Singkawang.

“Semoga apa yang kita rencanakan ini bisa terealisasi dengan cepat, dengan begitu kita bisa mewujudkan Singkawang sebagai kota pariwisata,” ujarnya. *MC/VV