Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang bersama Kantor Pertanahan melaksanakan pertemuan bertajuk “Coffee Morning” di aula kantor Pertanahan Singkawang, Rabu (2/6/2021).

Coffe Morning dihadiri Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Sekda dan OPD terkait serta Kepala Kantor Pertanahan Singkawang, Marihot Gultom dan jajaran.

Tjhai Chui Mie mengapresiasi kantor Pertanahan Singkawang yang telah menyelesaikan administrasi pertanahan dengan baik. Diantaranya, sertifikat tanah bandara seluas 151,45 Ha, Society of Petroleum Engineer (SPE) dan menyusul pula penyelesaian akan banyaknya Hak Guna Bangunan (HGB) di atas Hak Pengelolaan (HPL)

“Urusan pertanahan yang paling besar adalah sertifikat tanah bandara seluas 151,45 Ha. Kemudian terkait SPE dan banyak hal lainnya yang menyusul untuk diselesaikan. Dan yang saat ini yang tengah menjadi perhatian kami adalah banyaknya HGB di atas HPL. Tentu, kita harapkan kerjasama kantor Pertanahan Singkawang dan kewajibannya bisa terus dilakukan sehingga bisa membantu masyarakat kota Singkawang yang memperpanjang HGB di atas HPL. Dengan seperti ini, administrasi pertanahan akan menjadi tertib dan baik. Laporan keuangan kota Singkawang pun akan menjadi lebih baik lagi,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan terdapat beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) dan segera akan dilakukan, seperti revitalisasi pasar, angkutan lintas batas negara (ALBN), akses jalan menuju bandar udara kota Singkawang, jalan bypass, dan lain-lain.

“Hal-hal ini merupakan program-program kedepan yang memerlukan kerjasama dan bantuan dari kantor Pertanahan Singkawang. khususnya hal-hal terkait administrasi sertifikat lahan. Inilah yang menjadi PR yang segera kita lakukan dan kita harapkan pada tahun 2022 sudah terselesaikan dengan baik.” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota memberikan bantuan berupa alat scanner. Pemberian scanner ini dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan bidang pertanahan di Kota Singkawang.

Sementara itu, Kepala kantor Pertanahan Singkawang menyambut baik coffee morning ini sebagai upaya untuk merekatkan hubungan dan sekaligus mengapresiasi bantuan dan dukungan berupa pemberian scanner dari Wali Kota Singkawang. Marihot mengatakan pemberian scanner ini tentunya mendukung pelayanan kantor Pertanahan kota Singkawang ke arah yang lebih baik.

“Dengan pemberian scanner ini, maka pelayanan di kantor pertanahan akan menjadi lebih cepat. Karena di era digitalisasi sekarang ini, semua berkas-berkas layanan harus di-scan. Cukup dengan scanner, masing-masing unit teknis dapat melihat berkas-berkas tersebut di komputer dan sudah tertata rapi.” ungkapnya.

Ia mengapresiasi perhatian Wali Kota Singkawang yang selalu memberikan arahan dan masukan demi percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan bidang pertanahan di kota Singkawang. Marihot mengatakan melalui arahan dan masukan Wali Kota, masyarakat kota Singkawang dapat merasakan manfaat dan kehadiran kantor pertanahan kota Singkawang.

“Selain mempunyai nilai historis bagi pemiliknya, tanah juga mempunya nilai ekonomi. Dimana percepatan-percepatan pelayanan sangat berkontribusi langsung terhadap kemajuan perekonomian suatu daerah. Tentunya, hal tersebut yang kita harapkan untuk bisa terjadi di kota Singkawang dimana roda perputaran ekonomi suatu daerah, khususnya di kalangan masyarakat semakin hari semakin baik.” ujarnya.

Government Public Relations