Bagikan

Singkawang, MC – Polres Singkawang menggelar apel konsolidasi operasi ketupat kapuas 2019 dan kesiapan pengamanan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Singkawang, Kamis (13/6/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri unsur TNI, PJU Polres Singkawang, Dishub, Satpol PP, Kominfo, FKPPI, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat. 

Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi membacakan sambutan Kapolda Kalimantan Barat mengatakan, tujuan dilaksanakan apel tersebut adalah mengevaluasi kegiatan operasi ketupat kapuas yang sudah berlangsung 29 Mei lalu.

“Berdasarkan analisis data biro operasi Polda Kalbar angka kejahatan turun. Analisis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan operasi ketupat tahun ini menunjukan tingkat keberhasilan yang sangat baik,” katanya.

Dikatakan Kapolres Singkawang, menjelang dilaksanakan PHPU 2019 harus disikapi bersama dan mengambil langkah antisipasi penanggulangan serta kesiapan aspek pengamanan. Ia mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan bangsa dan negara khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

“Peran aspek keamanan sangatlah penting karena terwujudnya pembangunan nasional maupun pembangunan daerah tak lepas dan pararel dengan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Menurutnya, Beberapa langkah yang telah dilakukan terkait persiapan pengamanan sidang PHPU adalah mengecekan sarana dan prasarana pendukung kesiapan pengamanan sidang PHPU. 

Selain itu, dilakukan pengamanan di Kantor KPU, Gudang KPU, Kantor Bawaslu. Langkah lain yang dilakukan pihak kepolisian dalah melakukan deteksi dini dan kegiatan-kegiatan populis dititik rawan secara politik dan sosial.

“Tentu hal ini juga bersinergi dengan semua stakeholder terkait. Mari bersinergi bersama untuk negara, menjaga Kalbar yang sudah damai dan rukun, Kalbar yang toleran dan Kalbar yang kondusif,” ajaknya.

MC. Kota Singkawang