Bagikan

Singkawang, MC – Festival Bacang tahun 2020 siap digelar. Acara ini akan dipusatkan di Singkawang Cultural Center pada 25 Juni 2020.  Dalam festival ini panitia sudah menyiapkan 40.000 bacang, karena dilakukan disaat pandemik Covid-19 maka penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan.

Ketua Panitia Festival Bacang 2020, Bun Cin Thong melalui seketaris panitia Festival Bacang Trifina mengatakan kegiatan ini mengusung tema kemanusian yakni berbagi kasih. 

Sebelum puncak acara tanggal 25 Juni 2020 mendatang, Panitia Festival Bacang 2020 sudah melakukan anjang sana berbagi kasih dengan membagikan Bacang.  Mulai bersilaturahmi dengan Forkopimda, berbagi kasih ke sesama ke rumah sakit,  Puskesmas,  panti asuhan,  panti jompo,  dan juga akan berbagi kepada sesama yang kurang mampu. 

Kegiatan ini didukung penuh Pemkot Singkawang dan gabungan organisasi yang ikut mensukseskan Festival Bacang 2020 yang perdana dihelat ini. Dimana Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie sebagai dewan Pelindung dalam acara ini. 

Puncaknya pada 25 Juni 2020 mendatang akan digelar berbagai atraksi seni budaya mulai permainan alat musik tradisonal hingga tarian barongsai dan acara lainya.  

“Tentunya para undangan, donatur yang hadir menjalankan protokol kesehatan seperti bermasker,  dan tetap menjaga jarak.  Di tempat kegiatan ini kami juga menyiapkan fasilitas cuci tangan sesuai protokol kesehatan,” katanya, Rabu (24/6/2020).

Dalam acara puncak akan dilakukan pembagian bacang kepada masyarakat umum, setidaknya ada 20.000 Bacang disiapkan. 

“Namun pembagian Bacang akan dilakukan secara door to door juga sehingga tidak ada massa berkumpul,” ujarnya.

Selain itu Festival Bacang 2020 ini juga sebagai wadah untuk memperkenal sekaligus melestarikan budaya kepada generasi muda. 

“Kami ingin melalui Festival Bacang ini para generasi muda tetap mengenal dan melestarikan budaya ini,  katanya.