Bagikan

Singkawang, MC – 180 pedagang kaki lima (PKL) yang merupakan pedagang sembako dan sayur-sayuran siap menempati Pasar Semi Modern (PSM) Alianyang Senin (25/11/2019).

Hal itu diungkapkan Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin, Minggu (24/11/2019), yang mana sebelum penempatan, pihaknya bersama pedagang melakukan kerja bakti terhadap kios, los dan lingkungan di sekitar PSM Alianyang.

“Dengan sudah difungsikannya PSM Alianyang pada Senin kelak, maka pasar yang dibangun oleh pemerintah pusat akan berfungsi sebagaimana dengan aturan yang berlaku,” kata Muslimin. 
 

Terlebih, pihaknya ditekankan oleh Pemerintah Pusat, bahwa pasar-pasar yang sudah dibangun oleh Kementerian Perdagangan maka tahun ini harus segera diaktifkan. 

“Oleh karena itu, kita terus berupaya dengan usaha yang maksimal, meskipun untuk memindahkan pedagang dari tempat asalnya terbilang cukup sulit, ditambah kondisi PSM Alianyang yang sudah cukup lama terbengkalai sejak diresmikan pada tahun 2017 silam,” ujarnya. 

Dia mengatakan, siatem peresmian kali ini akan dibalik, yang biasanya akan diresmikan pada hari H penempatan, namun sekarang akan ditempatkan selama satu bulan terlebih dahulu, barulah akan diresmikan. 

“Sistem ini kita berlakukan, karena saya ingin melihat keseriusan dari para pedagang dalam berjualan,” tuturnya. 

Apabila dalam satu bulan mereka tidak aktif, maka dirinya pun tak segan-segan untuk memindahtangankannya kepada orang lain yang memang betul-betul berniat untuk berjualan. 

Mengingat yang mengisi PSM Alianyang baru sebatas pedagang sembako dan sayur-sayuran, maka pihaknya masih membuka pendaftaran untuk pedagang daging, ikan dan ayam untuk berjualan di PSM Alianyang. 

“Apabila ada pedagang yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran di Kantor Diaperindagkop dan UKM Singkawang, yang beralamat di Jalan Firdaus, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Dengan membawa KTP dan KK untuk memastikan bahwa pedagang yang akan menempati betul-betul merupakan warga Singkawang,” pintanya. 

Saat ini, total Kios dan Los yang ada di PSM Alianyang masing-masing ada sebanyak 120an. Sementara beberapa fasilitas yang disiapkan, antaralain, listrik, air, mushola, taman, sekretariat dan kuliner. 

Kemudian, dari lingkungan PSM Alianyang sampai ke pinggir sungai rencananya akan diisi oleh pedagang bunga. 

“Dengan harapan, selain mereka sibuk dengan berjualan, pedagang juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan di sekitar PSM Alianyang,” harapnya.

MC. Kota Singkawang