Bagikan

Singkawang, MC – Sebanyak 10 (sepuluh) pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Singkawang menerima bantuan rumah produksi dan mesin/peralatan. Bantuan diserahkan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie secara di Ruang Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (14/12/2020).

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan bantuan ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan kepada pelaku IKM bersama kelompoknya, supaya bisa lebih mengembangkan diri agar bisa lebih maju lagi.

“Tujuannya untuk membangkitkan semangat para pelaku IKM Singkawang, khususnya dimasa pandemi Covid-19, agar mereka dapat meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraan mereka,” kata Tjhai Chui Mie.

Bantuan yang diberikan juga akan terus dimonitor, guna memastikan apakah bantuan yang diberikan tepat sasaran atau sebaliknya.”Apabila tepat sasaran, maka bantuan akan kita perluas lagi untuk para pelaku IKM yang lain,” ungkapnya.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Tjhai Chui Mie tidak menginginkan pelaku IKM Singkawang malah kesusahan dalam mencari pendapatan untuk keluarga.”Harapan kita penjualan mereka bisa meningkat. Kemudian dari sisi produksi dan kualitasnya bisa lebih baik,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Singkawang, Muslimin mengatakan, bersyukur karena visi misi yang dibuat oleh Wali Kota Singkawang dalam mendukung dan lebih peduli terhadap UMKM selaku pilar ekonomi di Kota Singkawang dapat pihaknya realisasikan.

“Totalnya ada 10 pelaku IKM yang mendapatkan bantuan tahun 2020, terdiri dari 5 IKM yang mendapatkan bantuan rumah produksi, dan 5 IKM yang mendapatkan bantuan peralatan mesin,” katanya.

Menurutnya, 10 IKM yang mendapatkan bantuan ini karena dinilai cukup eksis. Harapannya, bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas produksi atau pendapatan mereka.

“Saya berharap bantuan yang diberikan merupakan spesial untuk tahun ini, karena tahun 2015 lalu ada empat bantuan rumah produksi dan peralatan yang bisa kami lakukan, namun untuk ditahun ini bisa kita tingkatkan menjadi 10,” ujarnya.