Bagikan

Singkawang, MC – Panitia Ramadan dan Eid Mubarak di Kota Singkawang mulai menghias kota itu dengan sebanyak 1.442 obor untuk menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah atau tahun 2021 Masehi.

“Saat ini panitia sudah mulai bekerja untuk menghias Kota Singkawang. Saya tekankan kepada panitia, pekerjaan menghias kota ditargetkan sebelum masuk bulan suci Ramadan,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Singkawang, Minggu (11/4/2021).

Ia berharap apa yang ditekankan kepada panitia dapat berjalan sesuai harapan sehingga semarak menyambut bulan suci Ramadan kelihatan meriah.

“Saya juga berpesan, dalam bekerja panitia tetap memerhatikan protokol kesehatan mengingat sekarang ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19,” katanya.

Beberapa titik yang menjadi sasaran hiasan kota di antaranya seperti Bundaran 1001 Sakok, median Jalan Diponegoro, segi tiga simpang VIT, Tugu Tangan Roban dan Beringin Corner.

“Selain obor, juga ada replika pohon kurma, gerbang dan lain-lain. Yang jelas akan kelihatan indah nantinya,” katanya.

Namun, kata Wali Kota, yang terpenting dalam menyambut bulan suci Ramadan adalah rasa kebersamaan, bahagia dan senang meskipun saat ini masih dalam pandemi COVID-19.

“Kepada masyarakat Kota Singkawang saya imbau untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan. Itu yang paling penting dalam menyambut bulan suci Ramadan. Saya berharap umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya,” kata Tjhai Chui Mie.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadan dan Eid Mubarak Kota Singkawang, Muhammadin mengatakan pelaksanaan bulan suci Ramadan tahun ini mengangkat tema “1442 Obor Menghiasi Kota Singkawang”.

“Kegiatan menghias kota ini adalah merupakan suatu bentuk untuk menyambut bulan suci Ramadan 1442 H yang Insya Allah akan tiba pada tanggal 12 April 2021,” katanya.

Ia mengatakan seluruh pelaksanaan persiapan dilaksanakan dan memberdayakan masyarakat dan organisasi yang ada di Kota Singkawang.

Meski dengan anggaran yang terbatas, katanya, dengan perencanaan kurang lebih dari Rp400 juta, namun panitia tetap mengupayakannya dengan bantuan masyarakat dari seluruh organisasi yang ada di Kota Singkawang.

Ia juga mengajak kepada masyarakat Kota Singkawang dan para donatur untuk dapat berpartisipasi mendukung kegiatan ini.

“Mudah-mudahan dengan niat baik ini kita dapat mencapai target sesuai yang kita harapkan. Untuk menyambut bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini, dan masyarakat dapat menikmati apa yang telah kita harapkan,” ujarnya.